Sabtu, 13 April 2013

Posted by Unknown |

Albert einstein lahir pada tahun 1879 di ulm, sekarang menjadi bagian dari Jerman. Albert einstein secara luas dianggap sebagai ilmuwan yang paling terkenal di abad ke-20. Ia dianugerahi hadiah nobel 1921 untuk fisika untuk karyanya tentang efek fotolistrik, dan mencapai ketenaran dunia untuk teori relativitas umum, yang dirilis pada tahun 1915. 
Albert einstein menggambarkan hubungan mendasar antara ruang dan waktu, materi dan energi. Ia menganggap ruang dan waktu untuk manifestasi dari hal yang mendasar, serta materi dan energi. Karena teori-teorinya sangat rumit dan kontroversial, kadang-kadang sulit diterima oleh komunitas ilmiah. Einstein menghabiskan waktunya di jerman ,selama bangkitnya nasionalisme jerman ,membuatnya menjadi target kampanye untuk mendiskreditkan teori-teorinya. 

Ia belajar sekolah di munich sampai 1895, ketika, pada usia 16 tahun, ia didrop out dari sekolah menengah setahun lebih awal. Ia kemudian melanjutkan di swiss federal institute of technology di zurich, namun gagal dalam ujian masuk. Hal ini menyebabkan dia kembali ke sekolah menengah di aarau, swiss, yang ia lulus pada tahun 1896. Setelah selesai ,dia melanjutkan lagi di swiss federal institute of technology, akhirnya diterima. Ia menerima gelar diploma pada tahun 1900, dan bekerja untuk sebuah kantor paten swiss pada tahun 1902. 

Albert einstein terus mengejar fisika sambil mengurusi seluruh pekerjaannya di kantor paten, dan menerima gelar doktor pada tahun 1905. Tahun yang sama, ia menerbitkan 4 makalah yang kemudian menjadi dasar untuk fisika modern. Topik-topik yang ia bicarakan adalah gerak brown, efek fotolistrik, dan relativitas khusus. 
Dari tahun 1906 dan seterusnya, albert einstein menjadi semakin terlibat dalam dunia akademis, bekerja di universitas di zurich dan berlin, di mana pada tahun 1914 ia menjadi direktur institut kaiser wilhelm untuk fisika. Pada tahun 1915 ia menggambarkan teori terkenal relativitas umum, yang dipandang dengan skeptis sampai dikonfirmasi eksperimental pada tahun 1919.
Pada tahun 1933, adolf hitler berkuasa, dan albert einstein terpaksa meninggalkan jerman untuk amerika serikat, di mana ia bekerja di institute for advanced studi di princeton, dan pada tahun 1940, menjadi warga negara as. Albert einstein tinggal di princeton sampai kematiannya pada tahun 1955.

0 comment:

Posting Komentar